Minggu, 15 Juni 2008

Strategi Memasarkan Produk Baru

Judul Buku : Smart Launching New Product

Sub Judul : Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru Agar Meledak di Pasar

Penulis
: Frans M. Royan

Penerbit
: Elex Media Komputindo

ISBN :
978-979-27-1765-5

Tebal
: 270 Halaman

Cetakan : I,
2007

Harga : Rp 46.800,-


Kategori : M
arketing, Bisnis

Hasil survey salah satu lembaga riset di Amerika, ternyata dari merek-merek yang diluncurkan pertama kali, sebesar 95% gagal di pasar! Sedangkan Philip Kotler mengatakan: “Saya kecewa sekaligus terkejut karena ada begitu banyak produk baru yang gagal di pasaran. Jumlah ini terus meningkat. Rata-rata sekitar 80% dari produk consumer good baru gagal, dan 30% dari penawaran business to business baru mengalami kegagalan.”

Apakah yang menyebabkan kegagalan itu? Ternyata yang menjadi penyebab adalah kesalahan-kesalahan kecil yang tidak diantisipasi, bahkan dianggap remeh sekali. Misalnya, fitur produk tidak komunikatif, baik konteks dan kontennya. Marketer yang salah dalam memposisikan produk, harga, cara promosi, dan pendistribusian produknya. Selain kondisi klasik tersebut diatas, marketer juga tidak mengetahui pentingnya untuk mengerti, melayani dan memuaskan kebutuhan Konsumen. Salah satu cara adalah mengetahui kegagalan merek yang benar-benar gagal, serta belajar bagaimana agar tidak gagal dalam memasarkan produk baru.

Jika persoalan yang diuraikan diatas adalah kasus yang Anda alami, buku ini pantas dijadikan referensi memecahkan problem tersebut. Strategi apa yang harus dilakukan ketika meluncurkan produk baru di pasaran agar sukses? Buku ini membedah dengan contoh kasusnya, diawali dengan bagaimana mendapatkan ide produk baru, menciptakan kemasan yang menjual, apa saja yang harus dilakukan sebelum memasarkan produk, bagaimana mengembangkan brand baru, bagaimana melakukan segmentasi, targeting dan positioning, bagaimana menetapkan harga, bagaimana melakukan promosi, bagaimana membangun channel of distribustion, melakukan persiapan launching, selling in dan menciptakan selling out, mencipatakan kepuasan pelanggan, melakukan evaluasi serta mempertahankan produk yang sukses agar tetap bertahan di pasar.

Frans M. Royan menulis buku ini berdasarkan pengalamannya sebagai marketer, dan menggunakan contoh-contoh nyata yang diperolehnya selama 22 tahun karirnya.

Tidak ada komentar: