Minggu, 15 Juni 2008

Sebuah Persahabatan

Judul : Lelaki Tua dan Laut (The Old Man and The Sea)

Penulis : Ernest Hemingway

ISBN : 979259351-9

Penerbit : Selasar Surabaya Publishing

Tebal : 131 Halaman

Cetakan : I, April 2008

Harga : Rp. 31.000,-

Kategori : Novel



Lelaki Tua dan Laut bercerita tentang persahabatan dan pelajaran kehidupan yang sangat dramatik. Kisah novel ini mampu memberikan inspirasi tentang kebersahajaan, kesabaran, kekuatan hati, serta semangat yang tak pernah menyerah pada keadaan.

Novel ini pernah saya baca sekitar tahun 1980an yang saya pinjam dari seorang teman, dan saya bersyukur dapat menemukan kembali novel ini yang diterbitkan dalam edisi bahasa Indonesia oleh Penerbit Selasar Surabaya Publisihing. Membaca karya-karya Ernest Hemingway selalu dramatik, memiliki narasi diskripsi yang kuat, serta mampu menggambarkan situasi yang detil.

Membaca novel ini, kita akan dibuai dengan gaya penulisan yang tenang dan mengalir, jalan cerita terasa teratur dan runut, sifat-sifat tokoh utama tergambar jelas dengan penuturan yang tidak buru-buru --menggambarkan kesabaran yang luar biasa. Dan, kepahlawan bagi Hemingway dalam kisah ini adalah manusia yang berhasil mengatasi penderitaan dalam kesendiriannya. Novel ini kaya akan nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil untuk mematangkan jiwa kita.

Ditulis di Kuba pada tahun 1951, dipublikasikan lewat majalah Life edisi 1 September 1952, dan mengalami sukses luar biasa, dalam 2 hari tercetak 5,3 juta eksemplar ludes terjual. Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Charles Scribner’s Sons pada 8 September 1952. Novel ini merupakan karya fiksinya yang terakhir yang diterbitkan semasa ia masih hidup. The Old Man and The Sea memenangkan Hadiah Pulitzer pada tahun 1953 untuk kategori fiksi, dan Award of Merit Medal for Novel dari American Academy of Letters pada tahun yang sama. Dan, yang paling bergengsi adalah novel ini memperoleh Penghargaan Nobel Sastra tahun 1954 untuk keahliannya yang luar biasa pada seni narasi.

Jangan pernah menunda membaca novel indah ini, atau Anda menyesal!

8 komentar:

Anonim mengatakan...

seperti memang harus membaca novel ini :)

CV Hanindo mengatakan...

Terima kasih sudah mampir
semoga berkenan.

Anonim mengatakan...

Kayaknya harus baca buku ini.
Kalau boleh saya tahu, menurut Pak/Mas Effendi rating buku ini berapa? (Skala 10)

CV Hanindo mengatakan...

Hai Anonim...
Menurut saya sih skalanya 10.
Terima kasih ya, sudah sudi mampir.

Anonim mengatakan...

Wah beruntung bisa baca bukunya dalam bahasa Indonesia. Karya EH banyak juga yang sudah di film kan dan sukses.

Salam kenal ya.

CV Hanindo mengatakan...

Salam kenal juga, dan terima kasih.

penulis mengatakan...

sebenarnya ada beberapa prasyarat untuk penulisan resensi bk. jika "sebuah persahabatan" anda kategorikan sebagai tulisan resensi atas buku LELAKI TUA DAN LAUT, jelas masih kurang memenuhi syarat. Kenapa?

Pertama, anda menulis resensi tersebut terlalu pendek sehingga tidak mustahil kurang memberikan penilaian secara akurat, detail dan lengkap.

Kedua, anda lebih mengagung-agungkan kehebatan EH, khususnya dalam menulis novel ini seperti kehebatan dia dalam merangkai jalan cerita, kedetailan setting, gaya penulisan, kekuatan karakter tokoh, dan pesan yang didengungkan. Sementara kritik anda untuk novel ini, nyaris tidak ada!!!

Ketiga, anda tidak menyinggung latar belakang kenapa EH menulis novel ini? Juga, anda tidak mengkomparasikan novel ini dengan novel EH yang lain, sehingga nanti terjadi balance untuk menangkap kekuatan novel ini secara maksimal.

Dengan kekurangan (tiga hal) di atas, maka resensi anda tidak lebih sekedar promo untuk novel EH ini --sebagaimana yang dilakukan penerbit yang biasa dituangkan di bagian cover belakang buku.

Kendati demikian, resensi ini sudah bisa memberikan gambaran singkat akan sebuah novel (meski belum bisa dikategorikan sebagai resensi buku karena tidak menilai secara lengkap dan akurat....

Ok, selamat bekerja dan berkarya.

CV Hanindo mengatakan...

Terima kasih untuk komentarnya yang sangat membangun. Saya jadi bisa belajar banyak dari Anda. Sekali lagi, terima kasih.